Black Moustache

Selasa, 22 Maret 2016

LOOK FASHION




      Masyarakat urban pada umumnya sudah dikenal oleh banyak orang dengan gaya hidupnya yang semuanya serba mudah dan instan. Kebanyakan orang perkotaan tidak mau dipusingkan dengan kehidupannya dan cenderung indivlidualis serta kurang peduli dengan keadaan sekitarnya bahkan dengan kehidupan orang lain. Segala sesuatu yang dilakukan oleh masyarakat perkotaan selalu dinilai oleh masyarakt luar sebagai patokan tren model disetiap musimnya. Disisi lain gaya hidup masyarakat perkotaan selalu menuntut setiap masyarakatnya untuk mau tidak mau mengikuti segala gaya hidup yang ada, dari makanan, fashion, arsitektur bangunan, serta gaya hidup yang lainnya.
     Mengambil salah satu contoh dari segalah gaya hidup orang urban adalah fashion, fashion adalah gaya hidup masyarakat urban yang sangat diperhatikan dan sering kali fashion menjadikan suau ciri khas masyrakat urban. Fashion yang dipakai masyrakat urban nantinya akan menjadi contoh oleh masyarakat luar perkotaan. Gaya fashion yang gunakan masyarakat perkotaan dianggap bagus, keren ,indah dan modis serta tidak jadul jika dilihat.
     Perkembangan fashion, model busana, rancangan pakaian, gaya kostum dan lain-lain di Indonesia sudah sampai dititik yang mengesankan. Ini bisa dilihat dengan begitu maraknya yang menjual dan mengiklankan macam-macam gaya fashion. Tak ketinggalan juga di sepanjang jalan pun banyak sekali toko-toko yang memajang display gaya-gaya fashion yang begitu variatif.
Ini menunjukkan betapa masyarakat sekarang ini sudah sangat menyadari akan kebutuhan fashion yang lebih dari sekedar berpakaian, tapi juga bergaya dan trendi. Karena pakaian adalah salah satu mesin komunikasi (Umberto Eco, 1976) atau sarana komunikasi dalam masyarakat, maka masyarakat sadar atai tidak sadara bisa menilai kepibadian seseorang dari apa yang dipakainya.

1.Bagaimana deskripsi masyarakat perkotaan ? 
      Budaya perkotaan adalah sesuatu yang biasa dilakukan oleh masyarakat perkotaan, yang dimulai dari gaya hidup sampai cara mereka bersosialisasi dengan masyarakat yang ada disekitar kehidupan mereka. Secara umum masyarakat perkotaan sangat dikenal dengan gaya hidup mereka yang serba mudah, modern dan instan. Semua yang sedang didapat dengan cepat dapat ditemukan, misalnya  masyarakat perkotaan tidak mau dibuat repot untuk memasak, di kota banyak sekali makanan cepat saji yang membuat tambah instan kehidupan mereka di kota.

Kota sendiri adalah tempat yang berpenduduk beratus orang atau lebih. Dari beberapa pendapat yang ada, secara umum dapat dikatakan bahwa dapat yang mendasar dan sama bahwa pengertian dari kota adalah kota dapat dikenakan pada daerah atau suatu lingkungan dengan komunitas tertentu dengan tingkatan dalam struktur pemerintahan tertentu.

  • Ciri-ciri masyarakat Perkotaan
Ada beberapa ciri yang menonjol pada masyarakat perkotaan, yaitu :
a)        Kehidupan keagamaannya berkurang, kadangkala tidak terlalu dipikirkan karena memang kehidupan yang cenderung kearah keduniaan saja.
b)        Orang kota pada umumnya dapat mengurus dirinya sendiri tanpa harus berdantung pada orang lain  (Individualisme).Pembagian kerja diantara warga-warga kota juga lebih tegas dan mempunyai batas-batas yang nyata.
c)        Kemungkinan-kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan juga lebih banyak diperoleh warga kota.
d)       Jalan kehidupan yang cepat dikota-kota, mengakibatkan pentingnya faktor waktu bagi warga kota, sehingga pembagian waktu yang teliti sangat penting, intuk dapat mengejar kebutuhan-kebutuhan seorang individu.
e)        Perubahan-perubahan tampak nyata dikota-kota, sebab kota-kota biasanya terbuka dalam menerima pengaruh-pengaruh dari luar.

2.Bagaimana deskripsi Fashion?
    
      Fashion berasal dari kata bahasa inggris yang berarti mode, cara, gaya, model dan kebiasaan. Fashion adalah istilah umum untuk gaya populer atau praktek, khususnya di pakaian, alas kaki, aksesoris, make up, body piercing, atau furnitur. Fashion adalah setiap mode pakaian atau perhiasan yang populer selama waktu tertentu atau pada tempat tertentu. Istilah fashion sering digunakan dalam arti positif, sebagai sinonim untuk glamour, keindahan dan gaya atau style yang terus mengalamai perubahan dari satu periode ke periode berikutnya, dari generasi ke generasi. Juga berfungsi sebagai refleksi dari status sosial dan ekonomi, fungsi yang menjelaskan popularitas banyak gaya sepanjang sejarah kostum. Fashion atau mode semakin menjadi industri yang menguntungkan di dunia internasional sebagai akibat dari munculnya rumah-rumah mode terkenal di dunia dan majalah fashion.

Pengertian fashion secara umum adalah suatu sistem penanda dari perubahan budaya menurut suatu kelompok atau adat tertentu. Bisa juga sebagai strata pembagian kelas, status, pekerjaan dan kebutuhan untuk menyeragamkan suatu pakaian yang sedang merek.
Fashion yang dipilih seseorang bisa menunjukkan bagaimana seseorang tersebut memilih gaya hidup yang dilakukan. Seseorang yang sangat fashionable, secara tidak langsung mengkonstruksi dirinya sebagai seseorang dengan gaya hidup modern dan selalu mengikuti tren yang ada. Hal ini menunjukkan bahwa dalam dunia modern, gaya hidup membantu menentukan sikap dan nilai-nilai serta menunjukkan status sosial. Selain itu, gaya dapat berubah dengan cepat. Mode yang dikenakan oleh seseorang mampu mecerminkan siapa si pengguna tersebut. Memakai pakaian yang mengikuti trend terkini, bagi sebagian orang adalah hal yang cukup penting untuk meningkatkan rasa percaya diri.
Sehingga orang-orang berlomba mengikuti trend fashion yang sedang berkembang, terutama masyrakat perkotaan mereka akan selalu update untuk fashion yang sedang musim pada masa saat ini. Apabila mau mencermati lagi, menggunakan trend fashion terbaru terkadang memaksa seseorang untuk bersikap konsumtif karena pasti mengenakan trend fashion yang baru. Itu berarti harus mengganti trend fashion yang sudah ada sebelumnya, dan itu tidak membutuhkan dana yang sedikit.
Bagi kaum remaja perkotaan memang fashion cukup di  utamakan. Oleh karena itu umumnya para remaja perkotaan selalu mengikuti trend terbaru. Selain untuk penampilan, fashion remaja terbaru yang mengikuti perkembangan zaman memang salah satu strategi bagi kaum remaja agar selalu terlihat fresh dan juga menghilangkan kesan tidak ketinggalan zaman dan menjadi contoh untuk remaja luar perkotaan.
Remaja memang suka tampil aneh-aneh, hal ini sering dilontarkan ketika mengamati penampilan mereka di beberapa tempat umum. Yang tak lazim dapat dicermati dari cara busana dan performance fisik mereka. yang berkomentar ini adalah cara remaja mencari perhatian untuk menunjukkan siapa dirinya. Namun tak jarang juga yang cukup maklum dengan keadaan ini.
Tampilan busana remaja sangat bergantung dari model baju terbaru atau fashion remaja terbaru yang sedang trendTrend ini tentu saja dibawa oleh para idola remaja yang bisa saja memberi inspirasi mereka dari segi penampilan.


3.Bagaimana fasion yang digunakan masyarakat perkotaan dikalangan remaja ?


Kebanyakan masyarakat percaya bahwa anak remaja identic dengan segala aktivitas untuk mencar kesenangan. Remaja selalu dikaitkan dengan waktu luang, kebebasan, dan semangat yang mampu memberontak. Budaya anak remaja kota saat ini sangat identik dengan gaya hidup fashion yang menjadi salah satu ciri khas anak kota tersebut. Remaja di perkotaan adalah kelompok yang mempunyai askes banyak mengenai informasi tentang fashion mereka dapat menjumpai informasi tentang fashion dari televisi , majalah, radio, bahkan dari promosi-promisi dari brosus atau poster yang di tempelkan di suatu dinding,  selain itu mereka terkadang mencari informasi diinternet.
Tanpa disadari internet juga menjadi faktor penentu penyebarluasan trend fashion. Sebut saja media jejaring sosial yang saat ini melanda seluruh dunia. Tentu saja informasi mengenai trend fashion terbaru akan cepat meyebar luas di masyarakat dan yang paling cepat mengetahuinya adalah masyarakat perkotaan. Penyedia busana secara onlinepun ikut memberikan peran dengan menyediakan berbagai busana yang mengikuti trend fashioni. Sehingga mau tidak mau masyarakat akan mengikuti trend fashion yang ada. Artinya para pengguna internet mendapatkan kesempatan akses virtual untuk mengetahui update, acara, ataupun tren-tren terbaru menggunakan peralatan digital secara langsung. Pengaruh media tidak hanya memberikan kesempatan para penggunanya mendapatkan trend teranyar pada beragam situs dan mendapatkan banyak inspirasi, tetapi dapat pula berbagi penampilan mereka secara online dan mendapatkan respon langsung dari komunitas fashion itu sendiri. Secara efektif, teknologi telah mempengaruhi cara Anda berpakaian.
Dalam beberapa tahun terakhir, fashion blogging dan YouTube video telah menjadi outlet utama untuk menyebarkan trend dan tips fashion. Melalui media-media, pembaca dan pemirsa di seluruh dunia dapat belajar tentang fashion, yang membuatnya sangat mudah.
Fashion blogging saat ini menjadi trend tersendiri untuk menarik perhatian pecinta fashion melalui dunia maya. Yang membuat maraknya fashion blogging ini juga berasal dari mudahnya fashion blogger mengakses dan membuat blog secara gratis. Fashion blogging saat ini juga sangat digemari karena setiap orang dapat mengakses blog secara cuma-cuma dan mudah. Blog yang disajikan itu dapat di kreasikan dan di desain sekreatif mungkin oleh pemilik akun blog, sehingga dapat menarik para pembacanya.
Sebenarnya fashion blogger bukanlah fenomena yang baru di dunia ini, bahkan fashion blogger saat ini sudah dianggap sama seperti jurnalis media Fashion, dan sering mendapatkan kesempatan melihat fashion show secara gratis, satu yang sama, mereka semua bermula dari “keisengan” tapi berbuah kesuksesan. sungguh  menginspirasi, maka dari itu dengan azas keinginan mendapatkan baju gratisan saya akan memasuki dunia fashion blogger mulai detik ini juga
Kehadiran fashion blogger pun kini menjadi inspirasi baru bagi para pecinta mode. Bermulai dari hobi, eksistensi mereka menjadikan fashion blogger sebagai ikon baru dunia fashion. Kehadiran fashion blogger membawa warna tersendiri bagi penggemar mode di dunia maya. Fashion memang merupakan alat bagi para pecintanya untuk mengekspresikan diri melalui pakaian. Berawal dari ketertarikan memadu padankan pakaian, para fashion blogger menuangkannya dalam sebuah blog. Sejak itulah fenomena fashion blogger semakin berkembang. Berani bereksperimen, namun tetap mempertahankan konsistensi gaya berpakaian, membuat para fashion blog disukai banyak orang. Gaya berbusana fashion blogger kini menjadi panutan anak-anak muda yang  yang ingin tampil beda. Kehadiran mereka pun menjadi ikon baru dunia fashion.
Dari penyebab trend fashion yang berkembang di kalangan remaja perkotaan yang sudah dijelaskan di atas, terlihat sekali bahwa faktor yang dominan menjadi penyebab perkembanganya trend fashion di kalangan remaja perkotaan adalah dunia media massa dan media internet. Meskipun televisi dan internet meningkatkan cakupan, termasuk blog fashion, liputan pers tetap bentuk yang paling penting publisitas di mata industri fashion. Hal ini akibat dari arus globalisasi yang me mbuat peran pers sangat berpengaruh sekali terhadap perkembangan dan kemajuan dalam berbagai bidang yang salah satunya adalah perkembangan fashion.
Dengan menggunakan media sebagai suatu alat yang dapat memberikan informasi akan apa yang sedang menjadi trend dan termasuk mempengaruhi masyarakat untuk dapat mengikuti tren fashion terbaru.
Trend fashion memang menjadi salah satu gejala sosial yang tampak sangat jelas di tengah-tengah masyarakat kita saat ini. Trend fashion yang begitu mudahnya masuk dan ditiru oleh masyarakat remaja perkotaan. Dan sekarang, perkembangan dunia fashion yang disebut mode ini telah mengalami jaman revolusi yang pesat di kalangan remaja perkotaan. Dengan adanya perkembangan tersebut telah membuat banyak orang mendirikan departement store. Gaya-gaya dan style fashion pun menjadi syarat-syarat penting untuk para wanita yang juga  sebagian besar adalah pelajar. Perubahan-perubahan yang terjadi ini menghasilkan dampak baik positif maupun negatif.
Salah satu dampak positif dari fashion adalah kita dapat selalu terlihat manis dan chic dengan pakaian dan aksesoris yang pas kita kenakan. Tetapi dampak negatif perkembangan fashion ini adalah kita melupakan pakaian tradisional kita seperti kebaya dan memilih menjadi pengikut fashion barat.
Para pengamat fashion telah menemukan indikasi adanya dampak yang terbesar dari perkembangan fashion ini di kalangan remaja. Dampak negatif ini adalah para kaum remaja mulai melupakan pakaian tradisonal dan produksi pakaian dari dalam negeri juga menyebabkan perubahan budaya timur menjadi seperti budaya barat. Namun, masalah trend fashion masih diperdebatkan oleh beberapa pihak yang menganggap trend fashion adalah hal yang sangat penting bagi para wanita yang umumnya masih remaja ini.
Perkembangan Dunia Fashion ini mengakibatkan berbagai dampak baik positif maupun negatif. Tanpa adanya perkembangan trend fashion, tidak ada pandangan bagi kaum pecinta fashion, karena trend fashion di kalangan remaja perkotaan yang kurang berkembang sedangkan seseorang pecinta fashion sangat ingin tampil sempurna dengan fashion yang up to date. Namun, perkembangan trend fashion ini telah membuat sebagian pecinta fashion remaja perkotaan.

4 komentar: